Rabu, 15 Juni 2011

kegiatan terapi bicara dan fisioterapi dirumah pasca rawat inap rumah sakit

Terapi bicara dan fisioterapi dirumah harus tetap dilakukan pada pasien dirumah pasca rawat inap. Kunjungan fisioterapis biasanya dilakukan satu atau dua kali seminggu kerumah pasien. Fisioterapis memberikan terapi dalam waktu dua hingga tiga jam pada setiap kali kunjungan dan  kunjungan dilakukan selama dua kali seminggu dibulan pertama. Kunjungan bisa dilakukan sesering mungkin ke rumah pasien, tergantung kemampuan finansial pasien. Anggota keluarga pasien harus mengamati gerakan-gerakan yang diberikan fisioterapis, karena gerakan yang sama juga harus diterapkan pada pasien jika fisioterapis berhalangan hadir atau dua kali sehari, pagi dan sore.
Ketika pasien rawat inap dirumah sakit pasca operasi, pasien sudah mendapatkan terapi bicara seminggu sekali. Dan syarat diizinkan pulang kerumah (posting terdahulu) adalah sudah mampu menelan atau kemampuan menelannya 80-90 persen. Sehingga tidak dibutuhkan banyak terapi bicara dirumah, namun kunjungan terapi bicara perlu sesekali dilakukan untuk mengevaluasi kembali perkembangan kemampuan menelan pasien.

5 komentar:

  1. blog ini sangat berguna gan untuk penderita stroke...

    BalasHapus
  2. @seleb-online: iy mudah2an :)

    BalasHapus
  3. Kebetulan ibu saya baru pulang dari Rs ada ga ya gambar cara kita memberikan fisioterapi bicara u latihan di rumah. Tks.

    BalasHapus