Senin, 06 Juni 2011

Tips mencegah stroke pada penderita tekanan darah tinggi

Seringkali saya temukan pada orang tua baik tetangga saya maupun orang-orang terdekat saya  yang menderita penyakit darah tinggi, sering mengabaikan penyakit ini. Padahal, hal ini adalah awal dari terjadinya stroke. Mereka kadang bekerja terlalu keras, kurang tidur, tidak menjaga pola makan, kurang olahraga, jarang konsultasi dokter. Mereka merasa kesehatannya dalam kondisi baik, memang tidak ada penyakit yang terasa diderita, padahal setelah  diperiksa, ternyata, tekanan darahnya tinggi sekali. Dan walau begitu, mereka tetap mengatakan “saya baik-baik saja”.

Berdasarkan pengalaman saya, penderita stroke terbagi dua tipe:
1.  Penderita stroke yang tidak merasakan gejala berarti sebelum stroke terjadi. untuk penderita tipe ini, biasanya gejala stroke tidak terlalu dirasakan tubuh penderita tetapi justru inilah yang gawat karena begitu mereka terserang stroke, biasanya langsung parah bahkan bisa meninggal secara tiba-tiba.
2. Penderita stroke yang merasakan gejala sebelum stroke terjadi. Gejala yang diderita bisa berupa jantung berdebar-debar, sering pusing, melihat kurang jelas, mudah terkena penyakit.


Tips untuk mencegah terjadinya stroke pada penderita tekanan darah tinggi:
1.       disiplin minum obat
Bagi mereka yang sudah memiliki penyakit tekanan darah tinggi, artinya kontrak minum obat seumur hidup. Jadi dalam sehari, mereka harus minum obat sebanyak 2-3 kali dan itu berlaku seumur hidup.
2.       Selektif dalam memilih makanan
Pilih makanan yang tidak mendukung tekanan darah menjadi naik. Makanan berserat sangat baik untuk dikonsumsi dalam hal ini. Kurangi vetsin atau mecin, kurangi makanan bersantan, berlemak dan banyak minum air putih.
3.       Rajin olah raga
Olah raga sebaiknya dilakukan selama satu sampai dua jam setiap hari. Lakukanlah olah raga ringan. Bisa dalam bentuk lari-lari kecil dipagi hari atau bersepeda.
4. Lakukan pengukuran tekanan darah setiap hari.
Miliki alat pengukur tekanan darah tinggi dirumah dan lakukan pengukuran tekanan darah setiap hari supaya tekanan darah tetap terkontrol.
5.  Istirahat yang cukup
Aktivitas kehidupan seringkali membuat kita sibuk dan mengejar deadline. Bagi penderita tekanan darah tinggi, sebaiknya harus menyeimbangkan dengan tidur yang cukup. Hindari begadang.

4 komentar:

  1. Good info sob
    dan ane rasa poin 2,3 dan 4
    yang penting agar tidak terserang penyakit

    BalasHapus
  2. @d@bte : iy sob, apalagi kalo dah tua, musti rajin olah raga

    BalasHapus
  3. nomor 3 yang penting banget
    bukan hanya buat "orangsakit" tapi buat yang sehat juga.
    Nice post

    SC-103

    BalasHapus
  4. @Afria : betul betul betul. orang sehat juga perlu olah raga spy tetap sehat

    BalasHapus